Aplikasi Edit Video Smartphone Terbaik 2021

Aplikasi Edit Video Smartphone

Aplikasi Edit Video Smartphone – Zaman sekarang, apabila kalian adalah seorang editor video atau sekadar hanya ingin melakukan pengeditan untuk konten di media sosial, sangat wajib hukumnya untuk mempunyai aplikasi edit video smartphone terbaik.

Mengapa begitu? Sebab, dengan menggunakan aplikasi editing video terbaik, kalian bisa melakukan proses editing dengan mudah kapan pun dan di mana pun.

Aplikasi edit video sekarang ini banyak dipakai oleh para editor video untuk mengedit, memberikan efek, atau transisi untuk konten video mereka. Ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengeedit video yang tersedia di Google Playstore, mulai dari yang berbayar sampai yang gratis pun ada.

Saat ini, untuk mengedit sebuah video tidak terlalu diperlukan sebuah perangkat komputer yang mumpuni – tergantung bagaimana kepberluan editing kalian. Munculnya smartphone untuk mengedit video sepertinya sangat membantu para pemula untuk berkreasi serta mengunggah hasilnya ke akun sosial media mereka.

Terlebih dengan datangnya YouTube, yang menjadi platform berbagi video nomor satu di dunia, mempunyai fitur monetasi yang pastinya sangat menguntungkan bagi para kreator. Jadi, ada banyak pengguna atau konten kreator yang berlomba-lomba mengeluarkan konten mereka di platform tersebut.

Di bawah ini, KlikPrint akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi edit video smartphone Android dan iOS terbaik di tahun 2021 ini yang wajib kalian coba.

Daftar Aplikasi Edit Video Smartphone Terbaik

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi ini, semuanya menjadi lebih mudah. Termasuk membuat video yang berkualitas tinggi. Siapa bilang mengedit video sebgus video milik para YouTuber itu sulit? Bahkan hanya menggunakan smartphone , kalian sudah bisa membuat video sebagus para vlogger tersebut. Tentunya, tidak akan kalah berkualitas. 

1. InShot

Aplikasi Edit Video Smartphone

Apabila kalian aktif dalam bermain Instagram atau Facebook, mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya aplikasi InShot.  Salah satu aplikasi edit video terbaik ini memberikan proses pengeditan yang sangat sederhana sehingga bisa digunakan oleh para editor video yang masih pemula.

Ada beberapa fitur seperti efek warna, teks, stiker, serta emoji yang dapat kalian masukkan ke dalam video. Selain itu, kalian pun dapat memasukkan lagu yang kalian inginkan. 

Fitur-fitur ini akan membuat video kalian terlihat lebih trendy serta menjadikan InShot aplikasi yang user friendly sert digemari oleh para kalangan anak muda. Bahkan, biasanya, orang-orang banyak menggunakan aplikasi ini untuk mengedit video endorse atau tutorial.

2. Adobe Premiere Rush

Aplikasi Edit Video Smartphone

Apabla kalian sudah terbiasa melakukan editing video menggunakan software Adobe Premiere Pro di PC maupun laptop, sekarang kalian pun dapat memanfaatkan software yang saama melalui smartphone atau tablet kesayangan kalian. 

Aplikasi ini bernama Adobe Premiere Rush for Video. Dengan menggunakan aplikasi ini, kalian dapat membuat video dengan banyak pilihan fitur canggih yang tersedia.  Beberapa fitur yang dapat kalian nikmati ialah color correction, editvideo serta audio, merekam audio langsung di dalam aplikasinya, customized motion graphic, serta masih banyak lagi fitur yang lainnya.

Menyadur Pixpa, salah satu fitur utama yang menjadikan aplikasi Adobe Premiere Rush ini menjadi salah satu aplikasi edit video terbaik ialah bahwa kalian dapat langsung meng-upload hasil editke akun sosial media pribadi kalian seperti Instagram, YouTube, atau Facebook.

Aplikasi ini pun memungkinkan kalian untuk bisa membuat video dengan berbagai macam pilihan rasio, mulai dari square, landscape, sampai potrait.  Kelebihan lainnya ialah project video yang kalian simpan akan secara otomatis di-sync ke dalam Cloud Adobe, lalu bisa dapat kalian lanjutkan pada gadget lain yang kalian miliki. 

3. FilmoraGo

Aplikasi Edit Video Smartphone

FilmoraGo merupakan sebuah aplikasi edit video yang sangat praktis serta mudah untuk digunakan. Jumlah pendownload aplikasi ini di Play Store talah mencapai angka 10 juta orang, lho. Dengan efek serta transisi yang keren serta sangat dinamis, dijamin akan membuat video kalian menjadi semakin keren. Dan ada juga pilihan musik yang sangat keren untuk backsound video kalian.

Tenang saja, tidak akan ada watermark yang menempel atau batasan durasi video. Cara untuk menggunakan FilmoraGo sangat mudah. Kalian hanya perlu memilih video taupun foto dari galeri, album, Facebook, meupun Instagram. Lalu kalian bisa memilih tema, tambahkan musik, filter, judul atau bahkan transisi yang keren. Mudah, bukan?

4. iMovie

Aplikasi Edit Video Smartphone

Pengguna smartphone Apple pasti sudah sangat familiar dengan aplikasi yang satu ini. Ya, Aplikasi iMovie hanya dapat digunakan secara eksklusif di perangkat berbasis iOS seperti iPhone, iPad, MacBook, atau iMac. Ada beberapa fitur yang tersedia di dalam aplikasi ini, seperti efek audio dan video, variasi transisi yang begitu menarik, serta template yang bis kalian gunakan dengan gratis. 

Sebagai salah satu aplikasi edit video terbaik di platform IOS,  iMovie memungkin kalian untuk bisa menyimpan hasil konten yang telah kalian edit di dalam iCloud supaya dapat dilanjutkan proses pengeditannya menggunakan gadget lain. 

Hal ini tentu sangat memudahkan para pengguna, terutama saat kalian harus melakukan pengeditan secara mendadak ketika sedang tidak memegang laptop.

5. Quik

Aplikasi Edit Video Smartphone

Aplikasi edit video smartphone terbaik yang satu ini yang akan saya rekomendasikan untuk kalian bernama Quik. Apabila kalian adsalah seorang video editor yang senang menggunakan kamera GoPro, aplikasi yang satu ini wajib untuk kalian miliki.

Sebab, menurut ujaran Oberlo, fitur yang ada di dalam aplikasi Quik ini sangat mendukung keperluan edit foto serta video dari kamera GoPro dengan hasil akhir resolusi tinggi, mencapai angka 720p dan 1080p.

Tidak hanya memotong atau menambah klip saja, fitur lainnya yang dapat kalian gunakan ialah fast forwardslow motion, serta masih banyak lagi fitur keren yang lain. Sama seperti aplikasi Adobe Premiere Rush, aplikasi Quik ini pun memungkinkan kalian untuk bisa langsung upload hasil editan kalian ke akun media sosial.

6. KineMaster

Aplikasi Edit Video Smartphone

Apliakasi KineMaster adalah salah satu aplikasi untuk mengedit video yang ada di smartphone yang lumayan terkenal beberapa waktu belakangan. Pada dasarnya, fitur yang ada di dalam aplikasi ini kurang lebih sama seperti pada aplikasi edit video yang lainnya.

Namun, keunggulan dari aplikasi KineMaster ini ialah bahwa kaian dapat menggunakan fitur “Chroma Key”. Fitur ini memungkinkan kalian untuk bisa menggunakan green screen, lalu mengubahnya menjadi latar belakang yang unik. 

Walaupun begitu, watermark dari aplikasi ini hanya dapat dihilangkan apabila kalian membayar subscription. Aplikasi yang satu ini pun cukup fleksibel, di mana kalian bisa memanfaatkannya dengan gadget Android maupun IOS.

7. Adobe Premiere Clip

Aplikasi Edit Video Smartphone

Aplikasi yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, kan? Walaupun tidak secanggih yang versi desktop, aplikasi Adobe Premiere Clip ini tetap bisa memberikan kemampuan berkreativitas dengan cara yang sederhana. Aplikasi Adobe Premiere Clip ini mempunyai fitur komplit, termasuk membuat video secara otomatis dari gabungan gambar serta video.

Selain itu, juga dapat mengeit video secara manual dengan cara menambahkan berbagai efek, transisi, serta musik. Sudah memiliki akun Adobe Creative Cloud? Adobe Premiere Clip bisa melakukan sinkronisasi dengan Adobe Premiere Pro memakai akun Adobe Creative Cloud. Jadi akan lebih praktis.

8. PowerDirector

Aplikasi Edit Video Smartphone

Aplikasi yangb bernama PowerDirector ini sangat dapat diandalkan untuk membuat video seperti profesional. Fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini sudah memenuhi standar aplikasi edit video profesional.

Aplikasi ini juga menawarkan 30 model transisi yang bisa kalian gunakan. Spesialnya lagi, dengan menggunakan aplikasi PowerDirector ini, kalian pun dapat mengedit video green screen untuk mengubah latar belakang atau background pada video kalian.

Penutup

Nah, itu dia delapan rekomendasi aplikasi edit video smartphone terbaik yang sudah kami pilihkan khusus untuk kalian. Apabila kalian memiliki cita-cita ingin menjadi seorang videografer maupun editor, namun belum mempunyai fasilitas seperti seorang profesional, kalian dapat mulai belajar dengan kamera smartphone

Pakai aplikasi di atas sebagai salah satu alat pembelajaran pertama kalian dalam mengedit video. Dijamin skill editing kalian akan terasah dengan cepat. Nah, apabila kalian berniat untuk mengasah kemampuan di bidang videografi, masih banyak tips-tips lainnya yang perlu kalian pelajari.