Beragam Ukuran Kartu Nama di Berbagai Negara

Tidak banyak yang tahu jika ternyata ukuran kartu nama di berbagai negara berbeda-beda. Pada dasarnya ukuran kartu nama bergantung pada standarisasi dari jasa percetakan yang anda gunakan. Atau dapat pula mengikuti keinginan anda. Jadi, ukuran ini bukanlah sebuah standar baku yang diharuskan. Namun hanya sebagai referensi jika anda ingin membuat kartu nama. Berikut ragam ukurannya :

  • Indonesia

Jika menggunakan standar Nasional Indoensia atau yang biasa disebut SNI, kartu nama diberi standar ukuran 9 x 5,5 cm atau 90 x 55 mm. Ukuran standar ini ternyata juga digunakan di beberapa negara lainnnya seperti  Australia, Denmark, New Zealand, Taiwan, Vietnam, India, Swedia, dan negara lainnya. Apakah kartu nama anda sudah sesuai dengan standar SNI?

  • Jepang

Ukuran kartu nama dari negara sakura ini hanya berbeda 1 mm dari ukuran Standar Nasional Indonesia. Ukuran kartu nama di Jepang yang biasanya digunakan adalah 91 mm x 55 mm. Ukuranya tidak akan jauh berbeda dengan standar orang Indonesia

  • Asia

Ternyata beberapa negara di Asia memiliki standar kartu namanya sendiri. Misalnya Singapore, Hongkong, Tiongkok, dan Malaisya. Ukuran yang digunakan adalah 90 mm x 54 mm. Ukuran ini juga tidak jauh berbeda dengan ukuran yang digunakan di Indonesia ataupun di Jepang.

  • Eropa

Kemudian ada juga kartu nama standar Eropa punya ukuran yang sama seperti kartu kredit, yakni sekitar 85 x 55 mm. Sekadar info, standar pembuatan kartu kredit internasional mengharuskan sudut melingkar dan ketebalan tertentu. Kartu nama standar Eropa ini biasa digunakan di United Kingdom, Belanda, Swiss, Belgia, Portugal, Turki, Itali, Prancis, Spanyol, dan negara Eropa lainnya.

  • Amerika

Amerika ternyata memiliki standar ukuran kartu namanya sendiri, yaitu 51 x 89 mm atau 2 x 3,5 inchi. Ukuran ini ternyata juga banyak digunakan oleh negara-negara lainnnya, seperti Republik Ceko, Bulgaria, Mexico, Korea Selatan, Finlandia, Rusia, Afrika Selatan, Argentina, Brazil, Kroasia, Polandia, dan masih banyak lagi negara liannya. Negara Amerika Latin biasanya yang paling banyak  menggunakan ukuran kartu nama ini sebagai standarnya.

Ukuran-ukuran kartu nama di atas hanyalah standar umum yang biasa digunakan orang di banyak negara. Namun anda tidak perlu pusing untuk memikirkannya jika anda hendak membuat kartu nama yang berbeda dengan ukuran-ukuran di atas. Anda tentu dapat menumpahkan kreativitas anda sendiri pada kartu nama yang akan anda buat, mulai dari ukuran yang besar hingga yang kecil. Entah dalam bentuk yang biasa atau bahkan kartu nama yang bisa dilipat. Semuanya tergantung pada kreatifitas anda. Pastikan kartu nama anda menyampaikan informasi penting yang diperlukan namun juga diingat oleh sang penerima kartu nama karena keunikannya. Namun, jika anda kebingungan untuk menentukan ukuran, anda bisa saja mengikuti standar yang ada. Selamat mencoba!

Referensi : Dikutip dari berbagai sumber

 


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published