Ingin Mencetak Hasil Desain? Ikuti Dulu Langkah-langkah Ini!

Tanpa kualitas percetakan yang baik dan sesuai, para desainer digital seringkali kecewa karena desain impian mereka tidak dapat terwujud. Oleh karena itu, kita memerlukan strategi khusus agar hasil cetak sesuai dengan desain yang dibuat. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan sebelum anda mencetak karya desain terbaik anda. Dengan mengikuti tips di bawah ini, anda bisa mendapatkan hasil cetak yang maksimal. Beberapa panduan ini sangat cocok untuk anda yang ingin mencetak poster entah untuk pajangan di rumah sendiri ataupun poster untuk pertunjukkan, kampanye, dan sebagainya.

  1. Pilih CMYk atau RGB?

Sebelumnya kita sudah membahas terkait dengan warna. Seperti yang kita ketahui, CMYK yang merupakan kepanjangan dari Cyan, Magenta, Yellow, dan Black ini biasanya adalah kombinasi pewarnaan yang digunakan untuk percetakan. Sangat mudah sekali untuk mengubah format warna RGB (Red, Green, Blue) menjadi CMYK. Misalnya pada aplikasi Photoshop, anda dapat memilih menu Image > Mode > CMYK Colour. Pewarnaan ini digunakan untuk merepresentasikan warna dengan akurat sesuai dengan desain anda.

  1. Konversi ke CMYk

Jik anda sudah mengkonversi pewarnaan dari RGM ke CMYk, warna yang anda lihat dilayar pasti akan berbeda. Warna hijau dan biru menjadi tidak berwarna. Karena itu anda dapat melakukan langkah-langkah ini pada aplikasi Photoshop: Gamut Warning Tool  (View > Gamut Warning dari menu file). Langkah ini dilakukan untuk melihat warna yang tidak bisa dikonversi dari RGB ke CMYk.

Adanya warna yang tidak sesuai dengan desain pada saat dikonversi ke CMYk disebabkan karena RGB memiliki ruang dan jangkauan warna yang lebih besar dari warna CMYk. Dengan ruang warna RGB, ada banyak warna yang bisa kita pilih. Namun pada realitanya, hanya ada beberapa pilihan tinta saja yang ada sehingga kita juga perlu mempertimbangkan pilihan warna saat membuat desain.

  1. Setting resolusi yang tepat

Untuk menghasilkan percetakan yang sesuai, sebaiknya kita membuat file dalam ukuran besar. Ketika resolusinya terlalu rendah, maka gambar akan buram atau pecah saat dicetak. Pastikan file yang anda buat memiliki resolusi 300 dot (Dots Per Inch). Pengaturan ini dapat dilakukan dengan cara File > New dan mengisi 300 pada kotak resolution.

  1. Mengatur ukuran yang tepat

Hal ini merupakan yang simple. Namun bisa fatal akibatnya jika tidak dibereskan. Ada beragam ukuran cetak, misalnya A2 (594mm x 420mm), A3 (420mm x 297mm), dan  A4 (297mm x 210mm), dan sebagainya.

  1. Memilih kertas yang cocok

Hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah memiliki jenis kertas yang tepat untuk hasil cetak anda. Jenis kertas mempengaruhi kesan yang timbul untuk kertas anda. Tak lupa juga untuk memiliki berat kertas yang sesuai. Untuk poster lebih cocok menggunakan Art Paper dengan berat 120-150 gsm.

  1. Format file

Tentukan format file yang aman untuk desain anda. Anda bisa mengubahnya ke format PDF dengan resolusi 300 dpi. Anda juga bisa menggunakan file JPEG jika resolusinya sesuai dengan harapan anda.

  1. Lakukan Spellcheck

Tentu akan sangat menyebalkan, jika anda sudah membuat karya desain yang terbaik namun salah dalam penulisan. Oleh karena itu kita perlu melakukan check & recheck terhadap penulisan yang kita buat. Kesalahan penulisan akan menyia-nyiakan seluruh desain poster anda. Pastikan tidak ada pemilihan kata yang salah, pengetikan huruf yang salah, khususnya jika anda menggunakan bahasa asing.

  1. Periksa ulang Font yang anda gunakan

Salah satu masalah yang seringkali muncul dalam percetakan adalah font yang anda gunakan tidak tersimpan pada komputer yang anda gunakan untuk mencetak. Oleh karena itu, selalu sertakan font yang anda gunakan dalam flashdisk maupun hardisk anda jika anda hendak mencetak menggunakan komputer lain. Atau anda dapat mengubah font  tersebut menjadi curve  sehingga font  tersebut dapat dibuka di mana saja.

  1. Menggunakan Vektor

Jika anda hendak mencetak file dalam format yang cukup besar, anda dapat mencetak menggunakan vektor. Anda bisa menggambar Vektor pada aplikasi Adobe Illustrator. Dengan vektor hasil cetak akan terlihat lebih jernih.

  1. Tentukan percetakan yang tepat

Pastikan anda memilih tempat percetakan yang mampu mencetak sesuai keinginan anda. Printer yang berbeda akan menghasilkan hasil cetak yang berbeda pula. Perhitungan juga kecepatan percetakan agar hasilnya dapat selesai pada waktu yang anda inginkan. Pertimbangkan pula harga dan kualitas yang ditawarkan. Untuk percetakan dengan kualitas yang terbaik, cepat, dan murah, tidak perlu repot-repot keluar rumah anda dapat mengunjungi klikprint.co.id. Untk info lebih lanjut anda dapat menghubungi (031) 3557730. Klik Print? Now I can Print everywhere!

 

Referensi : Dikutip dari berbagai sumber


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published