Penggolongan Warna (4)

Penggolongan warna berikutnya yang akan kita pelajari bersama adalah penggolongan warna panas dan warna dingin. Penggolongan kedua jenis warna ini didapatkan dari lingkaran warna primer hingga tersier yang dikelompokkan menjadi 2 kelompok besar yaitu, warna panas dan warna dingin. Pada artikel kali ini kita hanya akan membahas mengenai warna panas.

Warna yang tergolong dalam warna panas adalah warna merah, orange, dan kuning atau kombinasi dari ketiga warna tersebut. Warna ini adalah warna api, daun musim gugur, dan matahari terbenam serta terbit. Warna-warna ini biasanya digunakan untuk menggambarkan energi, semangat, dan hawa positif.

Warna merah dan kuning adalah warna primer. Jika warna orange dicampurkan pada kedua warna ini, maka warna yang muncul akan memberikan kesan hangat. Warna seperti ini dapat digunakan untuk desain yang menggambarkan kesan bahagiah, bergairah, antusias, dan penuh energi.

Berikut ini warna-warna yang termasuk dalam warna panas :

1. Merah

Warna ini merupakan warna yang paling panas di antara warna lainnya. Merah seringkali dihubungkan dengan api, kekerasan, dan juga peperangan. Seringkali warna ini juga dihubungkan dengan cinta dan gairah. Dalam sejarah, warna merah juga seringkali diberikan untuk melambangkan iblis ataupun cupid (malaikat cinta). Dari segi psikologis, warna merah yang panas dan membangkitkan emosi dapat berpengaruh lebih jauh hingga ke dampak fisik. Misalnya seperti peningkatan tekanan darah dan tingkat respirasi. Warna merah juga digunakan untuk melambangkan peningkatan metabolisme manusia.

Karena warnanya yang panas, warna merak seringkali digunakan untuk menggambarkan situasi yang penuh kemarahan dan juga sebagai peringatan akan sesuatu yang bersifat penting/urgent, seperti tanda peringatan, alarm warning, dan sebagainya.

2. Orange

Seperti namanya, warna orange selalu dikaitkan dengan buah jeruk. Warna ini memberikan kesan yang bersemangat dan energik. Warna ini juga dapat dikaitkan dengan musim gugur dan bumi. Warna ini mewakili perubahan musim.

Selain itu warna orange juga dikaitkan dengan kesehatan dan vitalitas. Hal ini disebabkan karena nama yang sama yang juga digunakan untuk buah. Warna orange juga seringkali digunakan sebagai pengganti dari warna merah. Sifatnya dipandang menimbulkan kesan yang lebih ramah dibandingkan warna merah.

3. Kuning

Dari ketiga warna ini, kuning dianggap sebagai warna yang paling hangat. Sebab, warna ini sama dengan sinar matahari. Selain itu, warna ini juga digunakan untuk menggambarkan kebahagian dan harapan. Di sisi negatif, kuning digunakan untuk menggambarkan penipuan dan pengecut. Seringkali warna ini juga digunakan untuk menunjukkan tanda bahaya, walapun tidak sekuat warna merah.

Warna ini memiliki berbagai pemaknaan yang berbeda di beberapa negara. Misalnya di Mesir, kuning melambangkan suasana berkabung. Sementara itu, di Jepang, kuning melambangkan keberanian. Di India, kuning digunakan untuk pedagang.

Warna kuning yang lembut biasanya digunakan untuk warna gender netral pada bayu dan anak-anak. Cahaya dari warna kuning juga dapat menimbulkan kesan tenang.

Untuk desain yang tepat, gunakan paduan dari ketiga warna ini untuk menggambarkan sebuah kehangatan yang penuh dengan semangat, kebahagian, dan keceriaan. Pastikan anda memilih jasa percetakan yang tepat untuk mewujudkan karya desain terbaik anda. Cetak segera karya anda di klikprint.co.id. Info lebih lanjut dapat menghubungi (031) 3557730.

Referensi : Dikutip dari berbagai sumber

 


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published