Penggolongan Warna (5)

Penggolongan warna sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu : warna primer, warna sekunder, warna tersier, warna netral, warna panas, warna dingin, dan warna kontras. Pada artikel kali ini kita akan membahas 2 jenis penggolongan sekaligus, yaitu warna dingin dan warna komplementer.

Warna yang termasuk dalam golongan warna dingin adalah warna hijau, biru, dan ungu. Warna ini memberikan kesan pribadi yang pendiam. Yang mewakili warna ini adalah warna malam, alam, dan air yang biasanya membawa ketenangan.

Satu-satunya warna primer dari penggolongan warna dingin ini adalah warna biru. Sedangkan warna lainnya dibuat dengan menggabungkan biru dengan warna hangat (kuning, hijau, dan merah untuk ungu). Warna hijau mengambil beberapa atribut kuning. Sedangkan Warna ungu mengambil atribut warna merah.

  1. Hijau

Hijau menunjukkan sebuah awal yang baru dan pertumbuhan. Warna ini juga memberikan kesan kelimpahan. Namun dari sisi negatif, hijau juga dipakai untuk menggambarkan iri hati, cemburu, dan kurangnya pemahaman.

Hijau memiliki sifat yang menenangkan seperti warna biru. Dalam dunia desain, hijau dapat memiliki menyeimbangkan dan menyelaraskan. Oleh karena itu, warna hijau sangat cocok digunakan untuk desain yang berkaitan dengan kekayaan, stabilitas, dan pembaruan. Untuk warna hijau cerah, biasanya member kesan energik dan bersemangat. Sementara Hijau gelap menggambarkan kemakmuran.

  1. Biru

Pada sisi negative, biru digunakan untuk menggambarkan kesedihan dan hal itu digunakan dalam bahasa Inggris. Namun, biru juga digunakan untuk menggambarkan ketenangan dan tanggung jawab. Warna ini dipandang sebagai warna yang ramah dan menyegarkan. Biru juga seringkali dikaitkan dengan perdamaian dan mempunyai maksa spiritual dalam banyak agama dan tradisi.

Makna dari warna biru pada dasarnya sangatlah luas. Hal ini bergantung dari penggunaan rona keteduhan yang tepat. Cahaya kebiruan menggambarkan suasana santai dan menenangkan. Sementara biru terang memberikan gambaran energi dan kesegaran. Warna biru gelap cocok untuk desain perusahaan yang ingin menggambarkan kekuatan dan kehandalan.

  1. Ungu

Warna ungu memiliki beberapa makna. Warna ini seringkali dihubungkan dengan kerajaan. Namun juga seringkali dikaitkan dengan kreativitas dan imajinasi. Di Thailand, Ungu adalah warna berkabung bagi para janda. Sementara itu warna ungu gelap dikaitkan dengan kekayaan dan royalty. Warna ungu yang ringan seperti lavender memberikan kesan romantis. Ungu gelap memberikan kesan kekayaan dan kemewahan. Sementara cahaya ungu yang lebut berhubungan dengan musim semi dan asmara.

Penggolongan berikutnya adalah warna kontras dan monotone. Warna kontras terdiri dari kontras komplementer, kontras split komplemen, kontras triad komplementer, kontras tetrad komplementer. Sementara warna monotone terdiri dari monotone chromatic dan monotone achromatic.

1. Kontras komplementer

Kontras komplementer adalah dua warna yang saling berseberangan (sudut 180°) dilingkaran warna. Kedua warna dengan sudut ini menghasilkan hubungan kontras yang paling kuat, terang, dan hidup. Skema warna golongan ini yang paling umum adalah kombinasi warna primer dan sekunder. Contoh warna yang termasuk dalam penggolongan warna ini adalah warna hijau dan merah, orange dan biru, serta kuning dan ungu. Kombinasi dari golongan ini merupakan kombinasi warna panas dan dingin.

2. Kontras split komplemen

Kontras split komplemen merupakan dua warna yang saling berseberangan dengan sudut yang mendekati 180°. Skema ini memang kontras namun tidak ekstrim. Misalnya warna kuning dipadukan dengan merah ungu atau biru ungu. Jadi skema ini memadukan 3 warna.

3. Kontras triad komplementer

Golongan warna ini merupakan tiga warna di lingkaran warna yang membentuk segitiga sama kaki dengan sudut 60°. Skema warna ini menciptakan kombinasi warna yang hidup.

4. Kontras tetrad komplementer

Penggolongan ini disebut juga double komplementer. Skema ini memadukan 4 warna yang membentuk bangun segi empat (sudut 90°).

5. Monotone Chromatic

Skema warna monotone chromatic merupakan paduan satu warna dengan variasi saturasi atau bayangan.

6. Monotone achromatic

Skema warna  achromatic merupakan paduan satu warna dari putih ke hitam.

Referensi : Dikutip dari berbagai sumber


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published