Cara Convert JPG ke PDF dan Sebaliknya

Cara Convert JPG ke PDF – Ada banyak jenis format file dokumen, atau gambar yang dapat kita ketahui, termasuk pdf, word, gif, png, jpg serta masih banyak yang lainnya. Seiring dengan berkembangnya zaman kebutuhan akan file tersebut semakin kompleks dan banyak.

Apabila kalian pernah melakukan pengurusan secara online, maka biasanya diharuskan untuk upload dokumen dengan format file tertentu, tidak hanya word, atau JPG saja tetapi juga format-format yang lainnya. Sebagai contoh yang paling mudah adalah kalian harus mengirimkan foto ktp tetapi dalam format pdf, tentu hal ini agak menyulitkan, mengingat format asli foto, apalagi kalau diambil menggunakan kamera ponsel, adalah format JPG.

Lalu bagaimana mengatasinya? Tentu saja kalian harus mengubah file (convert) ke format yang sudah ditentukan,  sebelum kalian upload atau mengirimkan dokumen itu bukan? Nah, kalian tidak perlu khawatir lagi sebab ada cukup banyak pilihan cara convert JPG ke PDF yang dapat kalian pilih.

Berdasarkan pengalaman ternyata ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk convert jpg ke pdf melalui ponsel ataupun PC baik secara online ataupun offline. Untuk mengkonversi file gambar termasuk hasil scan menjadi format pdf kalian dapat menggunakan beberapa software ataupun layanan online yang banyak tersedia.

Mulai dari software yang biasanya ada di hampir semua PC dengan OS Windows yakni MS Office, LibreOffice atau menggunakan aplikasi PDF Reader seperti Foxit Reader, Xodo Docs untuk ponsel bahkan aplikasi untuk scan foto menjadi pdf di ponsel.

Jadi memang ada banyak cara yang dapat kalian pilih tergantung kebutuhan serta situasi. Misalnya saat kalian memiliki banyak gambar hasil scan lalu ingin di convert menjadi file PDF dalam satu file maka pilihannya ialah menggunakan Office, LibreOffice, jpg to pdf converter online atau memakai virtual printer yang bisa kalian dapatkan dari aplikasi pembaca pdf.

Cara Convert JPG ke PDF

Cara Convert JPG ke PDF

Cara mengubah file JPG menjadi PDF ternyata sangat mudah serta dapat dilakukan dengan gratis. Cara ini sangat penting, apalagi saat kalian sedang terjebak dalam situasi hendak mengirim file foto dalam format PDF.

Selain dinilai lebih rapi, mengirim file dalam format PDF juga biasanya sering dilakukan saat foto yang akan dikirim dalam jumlah banyak sehingga akan lebih enak untuk dilihat. Maka dari itu, kalian tidak perlu panik! Berbekal dari berbagai metode convert JPG to PDF, berikut ini KlikPrint punya beberapa tips cara convert JPG ke PDF dengan mudah serta gratis.

1. Menggunakan Situs Online

Pertama, saya akan bahas dulu cara mengubah file JPG ke PDF tanpa menggunakan software atau aplikasi apapun alias secara online. Untuk bisa melakukan hal ini sendiri kalian dapat memanfaatkan berbagai jenis situs converter termasuk beberapa di antaranya yang paling terjenal adalah Smallpdf dan iLove PDF.

Nah, cara convert foto ke PDF menggunakan kedua situs tersebut pun sangat mudah, kalian dapat menyimak pembahasan berikut ini.

SmallPDF

Cara convert jpg melalui smallPDF

Cara convert jpg melalui smallPDF adalah seperti berikut ini

  • Buka laman http://smallpdf.com/id/jpg-ke-pdf
  • Kemudian upload file gambar yang ingin kalian ubah menjadi PDF dengan cara klik Pilih File atau jika kalian ingin lebih cepat dapat dengan cara drag and drop dari PC langsung ke dalam web browser.
  • Tunggu hingga file gambar sukses terupload, dan apabila kalian ingin mengubah banyak file sekaligus maka ulangi langkah ke 2.
  • Setelah semua gambar berhasil terupload, klik Buat PDF anda sekarang.
  • Terakhir apabila sudah selesai, kalian dapat langsung download hasilnya ke PC

iLovePDF

Cara Convert Jpg ke PDF melalui iLovePDF

Alternatif lain dari situs smallpdf adalah ilovepdf  yang mana keduanya sama-sama bisa memberikan layanan secara gratis dan berikut ini adalah caranya.

Cara Convert Jpg ke PDF melalui iLovePDF adalah sebagai berikut :

  • Buka laman http://www.ilovepdf.com/jpg_to_pdf
  • Llau upload gambar yang ingin kalian convert, dengan cara klik Select JPG Images atau bisa juga dengan cara drag and drop.
  • Setelah file gambar yang ingin kalian convert sudah berhasil diupload semua, selanjutnya klik Convert to PDF.
  • Terakhir kalian dapat langsung download atau simpan file tersebut ke DropBox ataupun Google Drive.

Catatan : Situs SmallPDF membolehkan kalian upload file selain JPG tetapi hasilnya kurang bagus dalam percobaan saya menggunakan file PNG, baik smallpdf ataupun ilovepdf bisa mengambil ataupun menyimpan file dari dan ke DropBox maupun Google Drive.

2. Menggunakan Aplikasi Foxit Reader

cara convert melalui Aplikasi Foxit Reader

Ini adalah salah satu cara untuk mengubah file JPG ke PDF offline yang banyak dipakai oleh banyak orang.  Cara ini memang cocok untuk kalian yang terbatas dengan koneksi internet, tetapi ingin menkonversi file dengan mudah serta cepat. Hanya saja untuk bisa menggunakannya, kalian harus menginstal aplikasinya terlebih dulu.

Aplikasi Foxit Reader ini memang cocok dipakai untuk mengubah file apapun itu, termasuk format JPG ke PDF sehingga akan memudahkan kalian dalam konversi ke PDF. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Download dan Instal aplikasi Foxit Reader terlebih dulu
  • Buka gambar atau foto yang berformat JPG yang ingin kalian ubah ke PDF.
  • Simpan gambar tersebut dengan format PDF.

Cukup mudah serta simpel bukan? Dengan menggunakan aplikasi ini akan memudahkan kalian dalam mengubah file apapun menjadi file dengan format pdf. sekalipun aplikasi ini menawarkan kemudahan serta cukup simpel digunakan, namun aplikasi ini pun mempunyai keterbatasan yaitu hanya dapat memproses satu file saja, tidak dapat beberapa gambar dijadikan dalam satu file pdf.

3. Menggunakan Aplikasi Nitro Reader

Convert Melalui Aplikasi Nitro Reader

Selain Foxit Reader, alternatif lain untuk mengubah file JPG ke PDF yang dapat kalian pilih adalah aplikasi Nitro Reader. Pada dasarnya kedua jenis aplikasi offline ini memiliki fungsi serta kegunaan yang hampir sama. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Download dan Install aplikasi Nitro Reader terlebih dulu, apabila kalian belum punya, bisa download secara gratis di website resminya.
  • Pilih file JPG yang ingin kalian ubah menjadi PDF.
  • Klik kanan lalu pilih “print”
  • Pada menu cetak
  • Kalian pilih printer menjadi Nitro PDF Creator dan klik Save
  • Selesai

Jika dibandingkan dengan aplikasi foxit reader, aplikasi ini memiliki keunggulan yaitu dapat menggabungkan dua atau lebih file JPG mnejadi satu file pdf. Tidak hanya itu saja, ukuran layout pun dapat diubah sesuai dengan kebutuhan kalian.

4. Convert JPG ke PDF Menggunakan HP/Smartphone

Cara Convert Menggunakan Aplikasi Xodo Docs PDF reader

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini pun simpel serta mudah, seperti sebelumnya, kalian pun harus download dan install aplikasi ini pada smartphone kalian terlebih dulu. Berikut ini adalah langkah Cara Mudah Ubah file JPG ke PDF :

Cara Convert Menggunakan Aplikasi Xodo Docs PDF reader (Smartphone)

  • Buka aplikasinya
  • Pilih tombol add (+) yang ada pada bagian bawah kanan
  • Tap PDF From Image
  • Selanjutnya pilih galeri atau gambar yang berformat JPG atau JPEG yang ingin kalian ubah
  • Selesai

Cukup mudah dan praktis bukan? Tetapi walaupun menawarkan kemudahan, aplikasi ini pun memiliki kekurangannya yaitu tidak bisa memproses banyak file dalam satu kali proses. Kalian harus satu-satu. Memang untuk pekerjaan yang lebih kompleks memakai komputer lebih disarankan.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pembahasan cara merubah jpg ke pdf melalui hp dan laptop, Semoga bermanfaat

Baca Juga : Cara Install Antivirus SmadAV di Laptop