Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Gratis Bisa Lewat HP

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Gratis Bisa Lewat HP – Apakah Anda sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan? Sekadar informasi, setelah berlakunya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang JKN, kepesertaan dalam BPJS Kesehatan adalah wajib. Dimana seluruh warga negara Indonesia diwajibkan untuk ikut serta.

Nah, jika Anda belum melakukannya, ada cara mudah untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Yaitu mendaftar secara online. Langkah ini bisa menjadi alternatif jika Anda tidak ingin mengatur entri Anda langsung di cabang terdekat.

Metodenya tidak rumit. Anda hanya membutuhkan perangkat smartphone. Sebelum mendaftar BPJS secara online, calon peserta harus menyiapkan beberapa hal, antara lain nomor ponsel aktif dan alamat email, nomor NIK, dan nomor KK.

Tentang JKN Mobile

Cara Daftar BPJS Kesehatan

JKN Mobile adalah aplikasi yang dirancang oleh BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan akses bagi peserta JKN-KIS. Dengan menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan ini, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi penting tentang akun BPJS Anda. Simak cara daftar JKN mobile di artikel ini.

Ingatlah bahwa selain mengandalkan BPJS Kesehatan, Anda juga bisa menggunakan asuransi untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap risiko finansial akibat biaya pengobatan.

Informasi yang bisa didapatkan dari Mobile JKN antara lain pengecekan iuran BPJS Kesehatan dan detail kepesertaan. Terdapat juga fitur terbaru yaitu self screening Covid-19, konsultasi kesehatan online dengan dokter dan pengecekan jadwal operasi.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki kartu peserta digital bernama KIS Digital. Kartu ini menggantikan kartu fisik, sehingga peserta tidak selalu harus menunjukkan kartu fisik untuk mendaftar perawatan.

Lantas, bagaimana cara mendaftar JKN Mobile? Yuk simak pembahasan berikut cara daftar, fitur dan manfaat JKN Mobile.

Cara Daftar BPJS Kesehatan

Berikut tahapan pendaftaran BPJS Kesehatan secara online atau pendaftaran BPJS secara online:

Cara Daftar JKN Mobile Untuk Pengguna Lama

Berikut cara daftar JKN Mobile untuk existing user:

  • Instal aplikasi JKN Mobile di smartphone Anda
  • Pilih “Pendaftaran Pengguna Seluler”
  • Isi data pribadi Anda sesuai dengan ID Anda
  • Verifikasi Pendaftaran

1. Instal aplikasi JKN Mobile di smartphone Anda

Sebelum menggunakan JKN Mobile, Anda perlu mengunduh dan menginstalnya di smartphone Anda. Kunjungi App Store atau PlayStore untuk mengunduhnya secara gratis.

Setelah itu, bagi Anda yang sudah menjadi peserta JKN-KIS harus mengikuti tahapan selanjutnya.

2. Pilih “Pendaftaran Pengguna Seluler”

Setelah menginstalnya, buka aplikasi BPJS ini dan klik “Registrasi Pengguna Seluler”. Tahap pertama ini dimaksudkan untuk mendaftarkan diri sebagai peserta JKN dan memiliki nomor peserta BPJS.

3. Isi data pribadi Anda sesuai dengan ID Anda

Setelah mengklik “Pendaftaran Pengguna Seluler”, lanjutkan ke langkah berikutnya dengan mengisi informasi pribadi berikut:

  • Nomor Kartu BPJS Kesehatan
  • Nomor Identitas (NIK)
  • Tanggal lahir
  • Nama ibu kandung
  • Alamat email
  • Baru. WL
  • kata sandi
  • Setujui password

Jika Anda peserta baru BPJS dan tidak mengetahui nomor peserta, silakan ganti lima digit pertama nomor virtual account yang telah Anda berikan dengan nomor 00 sebagai BPJS.

4. Verifikasi Pendaftaran

Langkah terakhir untuk mendaftar JKN Mobile adalah verifikasi. Jika Anda tidak memverifikasi, Anda tidak akan dapat menggunakan aplikasi.

Kode verifikasi akan dikirim ke alamat email Anda. Setelah Anda mendapatkannya, ketikkan kode di bagian Verifikasi Pendaftaran lalu klik “Verifikasi”.

Tahap pendaftaran JKN mobile telah selesai dan Anda dapat login ke aplikasi untuk menggunakan semua fitur yang tersedia.

Cara Daftar JKN Mobile Bagi Yang Belum Jadi Anggota BPJS

Jika Anda bukan peserta BPJS, Anda tetap bisa mendaftar secara online. Urutan pendaftaran JKN keliling bagi peserta baru BPJS adalah sebagai berikut:

1. Unduh Aplikasi Seluler JKN

Anda bisa mendapatkan aplikasi ini dari Play Store untuk Android dan App Store untuk iPhone.

2. Pilih opsi “Pendaftaran Peserta Baru”

Kemudian layar menunjukkan kondisi. Pilih Ya, Setuju untuk melanjutkan.

3. Masukkan informasi pribadi Anda

Anda akan diminta untuk memasukkan data pribadi berupa:

  • nomor kartu identitas
  • Salin kode captcha
  • Kemudian pilih menu Berikutnya.

4. Pilih fasilitas kesehatan

Anda akan diminta untuk memilih fasilitas kesehatan dan fasilitas gigi yang akan dikunjungi terlebih dahulu saat mengajukan klaim.

5. Masukkan alamat email Anda dan verifikasi

Anda harus memasukkan alamat email dan email verifikasi akan dikirim ke alamat email Anda bersama dengan akun virtual.

6. Pembayaran iuran melalui nomor virtual account

Gunakan akun virtual yang diterima untuk membayar biaya keanggotaan pertama.

Baca Juga: Cara Berhenti Berlangganan IndiHome

Keuntungan mendaftar JKN mobile

Keunggulan Mobile JKN sebenarnya sesuai dengan fitur yang Anda gunakan. Jadi setidaknya ada 21 manfaat aplikasi online ini bagi peserta BPJS Kesehatan.

Ingin tahu lebih banyak tentang manfaatnya? Simak penjelasan berikut ini:

1. Pendaftaran mudah

Pendaftaran menjadi peserta tidak ribet karena tidak harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Buka saja aplikasinya, isi bio kamu, verifikasi, maka kamu sudah terdaftar!

Siapapun dapat dengan mudah mendaftar melalui JKN Mobile, baik calon Penerima Bukan Penerima Upah maupun peserta mandiri yang belum terdaftar di BPJS Kesehatan.

2. Mengubah data dan informasi pribadi lebih mudah

Mengganti nomor handphone, email atau lainnya tidak lagi ribet dengan aplikasi ini. Anda hanya perlu membuka fungsi Ubah Informasi Peserta dan menggantinya dengan informasi terbaru. Tentu saja fitur ini sangat berguna dan menghemat waktu Anda.

3. Tidak ribet mengantri di fasilitas kesehatan

Antrian di fasilitas kesehatan seperti Puskesmas panjang, lho! Melalui JKN Mobile, Anda tidak perlu berlama-lama di Puskesmas untuk berobat atau berkonsultasi dengan tenaga medis.

4. Mudah untuk cek tagihan dan bayar iuran

Cek tagihan dan bayar iuran tidak harus ribet lagi dengan fungsi yang tersedia. Dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa mengecek jumlah rekening iuran program JKN kita. Tidak hanya itu, proses pembayaran juga dapat diinformasikan melalui transfer bank atau Tokopedia.

Selain fitur ini, Anda juga bisa mencoba mengecek BPJS Anda di Lifepal melalui BPJS Digital. Caranya juga sangat sederhana, lho!

5. Keluhan Mudah

Yang kita ketahui selama ini pengaduan disampaikan kepada BPJS dan pelayanannya melalui telepon atau email. Anda kini dapat menyampaikan keluhan atau komplain Anda melalui fungsi yang tersedia. Daripada ke kantor BPJS kesehatan lebih baik pakai JKN mobile click ini untuk pengaduan kita.

6. Mudah mencari dokter untuk konsultasi offline dan online

Fungsi lain yang bermanfaat adalah berkonsultasi dengan dokter secara offline atau online. Anda dapat melihat jadwal praktik dokter untuk konsultasi langsung. Jadi tidak perlu ke fasilitas kesehatan dan bertanya ke petugas fasilitas kesehatan.