Cara Install Aplikasi di Laptop Windows 7, 8, 10 & MacOS

Cara Install Aplikasi di Laptop

Cara Install Aplikasi di Laptop – Aplikasi merupakan suatu bagian dari perangkat lunak atau software pada PC yang memanfaatkan kemampuan komputasi secara langsung untuk bisa menjalankan sebuah tugas yang diinginkan oleh pengguna. Aplikasi pun dapat disebut sebagai program, sedangkan contoh utamanya seperti program pengolah kata, lembar kerja, perkantoran, pembelajaran atau pemutar media.

Aplikasi yang dipakai pada perangkat bergerak biasanya sering disebut “APK”. Biasanya aplikasi secara umum bisa dipakai pada komputer atau laptop, termasuk APK yang didukung sistem operasi seperti Windows 7, 8, 10 atau software lainnya seperti “Emulator”. Namun aplikasi yang digunakan di PC belum tentu bisa dijalankan di perangkat bergerak. Ini dikarenakan masih terbatasnya dari sistem operasi perangkat bergerak tersebut.

Cara install aplikasi di laptop Windows maupun macOS pastinya menjadi ilmu penting yang wajib semua orang tahu nih. Karena, laptop dengan spesifikasi tinggi sekalipun tentu tidak akan berarti jika di dalamnya belum diinstal aplikasi yang mau kalian gunakan.

Untuk seseorang yang sudah terbiasa dalam mengoperasikan laptop di kegiatan sehari-harinya, menginstal sebuah aplikasi di laptop tentu bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Sebaliknya, untuk orang awam mungkin hal ini akan menjadi sedikit sulit serta membuat mereka ingin menyerah.

Namun tenang saja! Karena kali ini KlikPrint akan memberitahu kalian bagaimana cara install aplikasi di laptop dengan mudah. Simak terus penjelasan selengkapnya di bawah berikut ini!

Cara Install Aplikasi di Laptop

Cara Install Aplikasi di Laptop Windows

Pertama, saya akan bahas dulu bagaimana cara menginstal aplikasi pada laptop yang menggunakan OS Windows. Ada beberapa cara untuk menginstal aplikasi di laptop Windows yang dapat kalian lakukan. Mulai dari menginstal file .exe, lewat Microsoft Store, atau menggunakan software emulator apabila kalian ingin menginstall aplikasi Android di laptop.

1. Melalui File .exe

Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi atau software untuk laptop Windows yang beredar di internet dan dapat kalian download secara gratis. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki fitur-fitur premium seperti aplikasi berbayar. Biasanya aplikasi untuk laptop yang kalian download ini akan memiliki ekstensi file .exe. Nah, untuk menginstal aplikasi dengan jenis ekstensi seperti ini caranya sangat mudah.

  • Setelah kalian selesai mendownload aplikasi yang ingin kalian install di laptop, selanjutnya kalian buka folder tempat dimana kalian menyimpan file tersebut.
  • Klik kanan pada file aplikasi yang telah kalian download tadi, selanjutnya pilih Open.
  • Selanjutnya akan muncul kotak dialog persetujuan yang bertuliskan User Account Control (UAC), selanjutnya kalian pilih OK.
  • Di tahap ini biasanya kalian hanya perlu menyelesaikannya dengan memilih tombol Next sampai proses instalasi selesai.
  • Selain itu, di tahapan ini pun biasanya kalian akan disuruh untuk menentukan lokasi instalasipemilihan bahasa, dan yang lainnya sesuai kebutuhan aplikasi yang kalian install.
  • Apabila proses instalasi aplikasi telah selesai, selanjutnya kalian hanya perlu memilih tombol Finish.
  • Sampai di tahap ini, kalian pun sudah berhasil menyelesaikan proses instalasi aplikasi di laptop Windows.

2. Melalui Microsoft Store

Bagin kalian yang sedang mencari alternatif untuk cara mengintal aplikasi di laptop Windows 8 dan 10, OS satu ini pun menyediakan platform digital store bernama Microsoft Store untuk mendownload aplikasi.

Microsoft Store sendiri seperti Google Play untuk pengguna, geng. Jadi, akan ada banyak sekali aplikasi maupun game yang dapat kalian download melalui layanan ini. Cara untuk mendownload serta menginstall-nya pun tidak sulit, kalian dapat mengikuti langkah cara menginstal aplikasi di laptop lewat Microsoft Store yang sudah saya berikat berikut ini.

  • Langkah pertama untuk menginstal aplikasi di laptop yang perlu kalian lakukan kali ini tentunya membuka software Microsoft Store terlebih dahulu.
  • Pada OS Windows 10 kalian dapat mencarinya langsung melalui menu Search di bagian taskbar. Sementara pada OS Windows 8, kalian arahkan kursor ke pojok kanan atas atau bawah sampai muncul menu Search.
  • Jika sudah, pilih program Microsoft Store-nya.
  • Kemudian, kalian cari aplikasi yang mau kalian download sekaligus instal pada laptop kalian.
  • Apabila kalian sudah memilih aplikasi yang ingin diinstal di laptop, selanjutnya pilih tombol Get.
  • Proses download akan dimulai secara otomatis lalu akan muncul di bagian atas.
  • Apabila proses download serta instal telah selesai, pilih tombol Launch. Sekarang aplikasi sudah berhasil terinstal pada laptop kalian.

3. Menggunakan Emulator

Tidak hanya aplikasi khusus untuk laptop saja, ternyata kalian pun dapat melakukan trik cara menginstal APK di laptop. Cara instal aplikasi Android di laptop ini membutuhkan bantuan emulator Android supaya aplikasi tetap dapat dijalankan. Salah satu emulator terbaik saat ini adalah NOX Player Emulator.

Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah menginstall Emulator di laptop terlebih dahulu. Apabila emulator telah berhasil terpasang di laptop, selanjutnya kalian bisa mulai menginstal aplikasi Andorid. Kalian pun dapat bermain game mobile di laptop dengan menggunakan emulator ini.

Cara Install Aplikasi di Laptop MacOS

Selanjutnya ada cara install aplikasi di laptop dengan OS macOS untuk kalia para pengguna laptop-laptop bahal buatan Apple. Di sini ada dua cara untuk memasang aplikasi pada PC macOS yang dapat kalian coba. Pertama melalui App Store dan juga menggunakan file installer .dmg.

1. Melalui App Store

Sama seperti Microsoft Store, Apple pun mempunyai App Store yang memungkinkan penggunanya untuk bisa mendownload aplikasi secara resmi. Cara menginstal aplikasi di laptop melalui App Store ini sebenarnya sama persis seperti saat kalian membukanya melalu ponsel iPhone. Namun, untuk lebih jelasnya kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Pertama, kalian buka dulu software App Store pada laptop macOS milik kalian. Lanjut dengan mencari aplikasi yang mau kalian instal.
  • Langkah untuk cara memasang aplikasi di laptop Apple yang berikutnya adalah kalian klik tombol ‘Get’.
  • Setelah itu, klik tombol ‘Install’ untuk bisa melanjutkan ke langkah cara pasang aplikasi di laptop selanjutnya. Tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Untuk menyelesaikan proses instalasi aplikasi di laptop melalui App Store, kalian diharuskan untuk login akun Apple ID dulu.
  • Apabila kalian sudah login, aplikasi pun akan muncul di Launhpad

2. Menggunakan File .dmg

Selain melalui App Store, kalian pun tentunya dapat mendownload aplikasi dari suatu website di internet. Nantinya file installer yang kalian download itu akan mempunyai ekstensi .dmg atau yang berarti disk image.

Namun, cara menginstal aplikasi di laptop melalui file .dmg ini pastinya berbeda dengan saat kalian download dari App Store, ya. Sedikit lebih panjang, namun tidak akan serumit saat kalian menginstal aplikais di OS windows tentunya. Silakan kalian simak langkah-langkahnya berikut.

  • Pertama-tama, kalian cari file installer .dmg yang telah kalian download sebelumnya.
  • Setelah itu, klik 2x pada file tersebut untuk bsia membukanya lalu lanjut ke tahapan instal.
  • Selanjutnya akan muncul jendela_ End User License Agreement_, di sini kalian klik ‘Agree’ untuk bisa lanjut ke proses menginstal aplikasi di PC selanjutnya.
  • Setelah itu, tunggu sampai proses loading selesai.
  • Langkah berikutnya, kalian klik lalu drag aplikasi yang akan kalian instal itu ke folder ‘Application’. Selanjutnya tunggu sampai semua prosesnya selesai.
  • Sampai di tahap ini, langkah menginstal aplikasi di PC macOS kalian sudah berhasil dilakukan. Kalian dapat menemukan aplikasi tersebut di dalam folder ‘Application’.