Cara Install Printer ke Laptop atau Komputer (Semua Merk)

Cara Install Printer

Cara Install Printer – Perkembangan teknologi kini sudah menjadi semakin pesat serta hampir menyentuh semua aspek kehidupan manusia salah satunya ketika bekerja. Kini banyak orang bekerja dengan menggunakan komputer atau laptop, yang mana keduanya tidak dapat dilepaskan dari printer sebagai alat untuk mencetak segala dokumen yang dibutuhkan.

Apabila kalian ingin menggunakan printer, maka hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah menginstall printer tersebut supaya bisa terhubung dengan komputer atau laptop yang kalian gunakan.

Sayangnya masih banyak orang yang berpikir bahwa menginstal printer merupakan hal yang sulit, padahal tidak selalu demikian. Ada banyak cara yang dapat kalian gunakan untuk menginstal printer, bisa jadi dalam buku panduannya juga sudah dijelaskan dengan sangat lengkap.

Walaupun begitu, ,kalian dapat menginstall printer dengan cara yang lebih mudah, berikut ini informasi tentang cara menginstal printer ke komputer atau laptop, mudah dilakukan yang sudah dirangkum oleh KlikPrint.

Cara Install Printer

Cara Install Printer Lengkap

Cara menginstal printer memang sangat perlu untuk dilakukan. Apalagi saat ini kalian memang membutuhkan printer tersebut untuk mencetak banyak hal, baik gambar ataupun tulisan dari laptop yang kalian pakai. Biasanya proses printing memang menjadi hal yang biasa sertav rutin untuk dilakukan. Tak ada salahnya apabila kalian sekarang mulai belajar untuk melakukan proses printing ini sendiri.

Hal ini akan jauh lebih efisien daripada kalian harus bolak-balik ke warnet hanya untuk melakukan rental supaya dapat melakukan proses printing. Apabila kalian masih merasa kebingungan untuk melakukan proses install printer ke laptop, maka kalian harus perlu menyimak pembahasan berikut ini!

1. Menggunakan CD Drive

Cara menginstal Printer dengan cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan CD Drive. Untuk mengistal printer ke laptop  yang kalian pakai, kalian bisa menyiapkan CD Driver yang sesuai dengan merk printer yang kalian gunakan. Setelah itu, kalian bisa memasukannya pada ROM driver. Atau jika kalian tidak punya ROM driver, kalian bisa menggunakan ROM eksternal driver. Setelah kalian berhasil masuk ke halaman pemasangannya, kalian bisa mengikuti petunjuk yang tersedia.

Setelah proses instalasi tersebut berjalan dengan baik, kalian bisa mengeluarkan CD-Driver tersebut. Selanjutnya kalian harus memastikan apakah  printer tersebut telah terpasang dengan sempurna ataukah belum. Jika CD Driver printer tersebut belum terinstall dengan baik atau masih ada masalah, maka kalian harus memasang CD Driver yang baru. Selain itu, kalian pun bisa mengunjungi situs layanan yang disediakan oleh produsen printer yang ingin kalian install.

2. Tanpa Menggunakan CD Drive

Apabila kalian ingin menginstall printer pada sebuah laptop tetapi kalian tidak mempunyai CD Drivernya atau kalian mengalami kehilangan CD Driver, maka jangan khawatir karena kalian tetap dapat menginstall printer tersebut tanpa perlu menggunakan CD drivernya. Cara install printer tanpa menggunakan CD Driver adalah sebagai berikut:

  • Kalian harus membuka control panel untuk dapat masuk ke devices and printer
  • Lakukan Add a printer supaya kalian bisa melakukan tahapan selanjutnya
  • Pada tahapan yang berikutnya akan muncul pilihan untuk printer port. Selanjutnya kalian bisa menggunakan port tersebut untuk mengatur pilihan yang terbaik.
  • Selanjutnya, kalian bisa melakukan pengecekan dari situs resmi dari merk printer yang ingin kalian gunakan. Setelah itu, kalian bisa mencari link untuk mendownload software.

3. Menggunakan Driver Unduhan

Untuk bisa menginstal printer dengan driver hasil unduhan dari website resmi, kalian harus melakukan langkah-langkah seperti di bawah ini:

  • Pertama, kalian harus membuka website resmi milik perusahaan penyedia printer untuk bisa mendapatkan software driver yang sesuai dengan tipe printer yang ingin kalian install. Kalian haris selektif mempunyai driver yang ada di dalam website tersebut karena ada banyak jenis driver di dalamnya.

Supaya kalian mudah dalam menemukan driver yang kalian perlukan, kalian bisa menggunakan search bar yang biasanya ada pada bagian kanan atas website. Kalian bisa melakukan scrolling hasil pencarian tersebut sampai kalian menemukan software driver yang ingin kalian unduh.

  • Driver yang sudah kalian unduh pada umumnya berupa winrar sehingga kalian pun memerlukan software winrar untuk bisa mengekstraknya. Untuk mengekstrak file tersebut, kalian harus melakukan klik kanan pada file tersebut, lalu klik Extract Here.
  • Selanjutnya kalian harus mencari setup file dengan eksistensi EXE. Double klik file tersebut untuk bisa memulai proses instalasi.
  • Kalian bisa mengikuti setiap perintah yang muncul pada layar komputer.
  • Ketika proses instalasi sudah berakhir, kalian akan diminta untuk melakukan restart laptop supaya software driver bsia terinstal dengan baik.
  • Jika proses restart sudah selesai, kalian harus menyambungkan printer dengan laptop kalian menggunakan kabel bawaan untuk memeriksa apakah laptop tersebut sudah bisa mengenali printer itu atau belum.

Tips

  • Apabila kalian tidak mempunyai akses internet mintalah seorang teman kalian untuk menyimpan file pada flash drive atau burn driver kalian pada CD serta kalian bisa menginstal printer kalian dengan file driver tersebut.
  • Apabila kalian menelepon perusahaan produsen printer kalian mereka bisa mengirimkan kalian disk instalasi baru apabila kalian tidak mempunyai akses internet dan kalian tidak mempunyai teman yang akan melakukan hal tersebut di atas untuk kalian.
  • Apabila kalian tidak mempunyai teman yang akan melakukan hal di atas untuk kalian, pergilah ke warnet terdekat.

Peringatan

  • Pastikan kalian memilih sistem operasi yang tepat dan sesuai dengan printer yang kalian miliki.
  • Pastikan kalian melakukan download melalui website RESMI produsen printer, bukan website abal-abal yang tidak jelas asal usulnya. Untuk mencegah hal-hal yang tidak kalian inginkan (misal virus, ransomware,dll)

Baca Juga : Cara Install Windows 10