Cara Install SPSS

Cara Install SPSS

Cara Install SPSS – SPSS adalah kependekan dari Statistical Package for the Social Sciences. Perangkat lunak ini adalah sebuah alat yang biasanya digunakan untuk melakukan pengolahan data statistik. Umumnya para penggunaan software ini adalah untuk melakukan analisis statistik ilmu sosial yang kebanakan meliputi penelitian pasar, kesehatan, survey, dan yang lainnya.

Program SPSS mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan pengolah data statistik lainnya, salah satunya ialah kemampuannya dalam membaca serta menulis data dari format file lain. Beberapa format file yang didukung oleh aplikasi ini diantaranya ASCII, spreadsheet, database serta paket statistik. Selain itu, keunggulan lain dari program SPSS ini adalah karena dapat digunakan sebagai media untuk mengolah database eksternal dengan menggunakan ODBS ataupun SQL.

Jadi, apabila kalian ingin melakukan pengolahan atau analisis data maka SPSS adalah salah satu program terbaik yang bisa kalian pakai. Misalnya kalian memiliki tugas kuliah yang perlu melakukan pengolahan data menggunakan SPSS. Atau, kalian sedang melakukan penelitian serta memerlukan alat bantu untuk analisis data. Sayangnya, banyak pengguna yang ingin menggunakannya namun tidak tahu cara install SPSS tersebut. Padahal, sama seperti perangkat lunak lainnya, kalian harus install SPSS terlebih dahulu supaya bisa digunakan.

Seperti pada perangkat lunak yang lainnya, SPSS pun mempunyai banyak versi yang bsia digunakan, salah satunya adalah SPSS 24. Kalian bisa menggunakan SPSS 24 ini untuk melakukan pengolahan atau analisis data, namun harus diinstall terlebih dahulu. Cara install SPSS pada Komputer Windows sebenarnya sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Akan tetapi, sebelum mulai proses install, kalian harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Persiapan tersebut ialah memastikan bahwa kalian telah mempunyai file master installer SPSS 24 pada penyimpanan Laptop yang akan kalian gunakan. Apabila kalian belum memilikinya, maka silahkan download terlebih dahulu. Silahkan sesuaikan dengan bit Windows yang terinstall pada Laptop kalian. Jadi, silahkan melihat bit windows Laptop kalian terlebih dahulu lalu mendownload file master yang sesuai, apakah 32 bit ataupun 64 bit.

Cara Install SPSS

Cara Install SPSS

Sama seperti perangkat lunak pada umumnya, SPSS pun mengalami perkembangan. Pembaruan versi SPSS secara berkelanjutan ini tidak akan cocok dengan VGA serta prosesor yang rendah. Tutorial KlikPrint kali ini sendiri mengacu pada versi SPSS 24.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah kalian perlu mendownload file master SPSS yang bsia ditemukan di situs resmi IBM. Kalian pun bisa mendapatkannya melalui CD SPSS original.

Harga software SPSS ini tergolong mahal. Akan tetapi, ini menjamin sistem laptop atau komputer kalian terbebas dari virus. Jika kalian ingin mencari software gratis, pastikan situs download terjamin bebas dari virus.

Setelah selesai download SPSS, kalian akan mendapati bentuk archive zip atau rar. Selanjutnya, lakukan ekstrak lalu bukalah folder tersebut.  Di dalam folder ekstrak akan ada tiga bentuk file yang berbeda yakni setup.exe, lservrc dan readme.txt.

  1. Klik setup.exe
    Klik file setup.exe, dan pilih Run as Administrator. Selanjutnya, klik tombol Yes. Bisa jadi kalian akan menemukan tampilan yang berbeda, seperti Preparing to Install. Tetapi, yang pasti kalian hanya perlu klik setup.exe untuk persiapan instalasi software SPSS. Lalu, tunggulah beberapa saat.
  2. Klik next
    Setelah langkah awal tadi selesai, kalian akan melihat tabel InstallShield Wizard. Lalu, pilih tombol Next.
  3. Setujui kebijakan
    selanjutnya, kalian akan menemukan tabel baru yang meminta persetujuan kalian untuk menyepakati kebijakan lisensi penggunaan aplikasi SPSS. Dengan menyetujuinya, maka kalian mendukung secara hukum jika terjadi kesalahan penggunaan. Setelah membaca kebijakan lisensi SPSS tersebut, pilihlah tombol “I accept the terms in the license agreement”. Kemudian, klik opsi Next.
  4. Klik Yes, lalu Next
    Tampilan berikutnya ialah tabel pemasangan Essentials for Python untuk mendukung bahasa pemrograman Python pada sistem operasi Windows. Kalian pilih tombol Yes, lalu klik Next.
  5. I accept the terms, next
    Tabel yang sama masih akan muncul sehubungan dengan kebijakan lisensi Python. Selanjutnya, kalian pilih kembali opsi “I accept the terms ” lalu klik Next. Perintah persetujuan lisensi ini akan muncul sekali lagi. Kalian pun hanya perlu memilih untuk menyetujui lisensi tersebut, lalu klik opsi Next.
  6. Pilih direktori
    selanjutnya, pilihlah direktori penyimpanan software SPSS. Apabila partisi C kalian masih mencukupi, lanjutkan pilih Next. Apabila kalian ingin mengubah folder, pilih tombol Change.
  7. Klik install
    kemudian, akan muncul tabel “Ready to Install the Program” lalu klik Install. Kemudian, tunggu sekitar 10 menit. Durasi kecepatan ini tergantung spesifikasi laptop atau komputer yang kalian gunakan.
  8. Finish
    proses instalasi telah selesai. Terakhir, hilangkan tanda seklis pada kotak “Start IBM SPSS Statistics 24 now”. Kemudian, klik Finish. Semoga tutorial cara install SPSS ini bisa bermanfaat serta dapat membantu kalian dalam mendapatkan laporan analisa yang dibutuhkan.

Cara Aktivasi Offline Program SPSS

Untuk bisa melakukan aktivasi offline kalian memerluakn serial number dan file aktivasi “lservrc“.

  1. Copy lalu replace file “lservrc” pada direktori instalasi SPSS dengan file aktivasi yang kalian miliki. Contohnya direktori standar untuk SPSS versi 24 ialah C:\Program Files\IBM\SPSS\Statistics\24
  2. Fitur ini bisa kalian temukan pada “All Programs > IBM SPSS Statistics > IBM SPSS Statistics 24 License Authorization Wizard“, misalnya.
  3. Klik “next” pada license status
  4. Pilih “Authorized user license” pada jendela Product Authorization
  5. Masukkan kode serial number yang tadi sudah saya jelaskan lalu klik “Next”
  6. Klik “Next” pada License Status yang sudah kalian perbarui
  7. Klik “Finish”