Cara Install WhatsApp di Laptop (Windows & Mac OS)

Cara Install WhatsApp di Laptop

Cara Install WhatsApp di Laptop – WhatsApp merpakan salah satu aplikasi pesan singkat yang paling banyak digunakan oleh seluruh masyarakat di seluruh dunia. Baik untuk menjalin kehidupan pribadi dengan keluarga dan teman, membicarakan hal-hal profesional, sampai melakukan transaksi jual-beli, semua terjadi serta terhubung melalui aplikasi WhatsApp. Akan tetapi, tahukah apabila sekarang kalian dapat mengobrol menggunakan WhatsApp dengan cara yang lebih nyaman?

Apabila kalian adalah seorang pekerja yang selalu berkutat dengan PC ataupun laptop, tentu akan sangat merepotkan apabila kalian harus berganti dari layar PC ke layar smartphone saat ingin membalas WhatsApp. Tentu saja, kalian sebenarnya tidak boleh kelihatan “bermain hp” ketika sedang kerja, bukan? Alternatifnya, kalian dapat membuka WhatsApp melalui laptop dengan cara menginstall WhatsApp Web. Apa itu serta bagaimana cara menggunakannya?

WhatsApp Web adalah versi lain dari aplikasi WhatsApp yang bisa diakses melalui komputer atau laptop kalian. Developer WhatsApp memberikan kemudahan untuk para penggunanya untuk tetap bisa menerima serta mengirimkan pesan dari WhatsApp yang terpasang pada komputer, dan itu tersinkronisasi langsung dengan aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone. Jadi, kalian bisa melihat percakapan dari dua perangkat dalam waktu yang bersamaan.

Selain berkirim pesan, kalian juga bisa mengirimkan data dalam bentuk apapun melalui WhatsApp Web, seperti gambar, video, hingga dokumen kerja. Kalian bisa mengatur notifikasi apabila ada pesan masuk dan apabila kalian menonaktifkan fitur centang biru, peraturan yang sama juga berlaku pada WhatsApp Web kalian.

Cara Install WhatsApp di Laptop

Cara Install WhatsApp di Laptop

Dan yang perlu kalian ketahui adalah untuk bisa menggunakan aplikasi Whatsapp di komputer dekstop ini hanya dapat dilakukan jika komputer kalian sudah menggunakan Windows 8.1 ataupun versi Windows yang terbaru. Sedangkan untuk produk Apple, hanya dapat digunakan pada macOS 10.0 atau versi macOS yang terbaru.

Jika komputer kalian mempunyai versi yang lain atau versi di bawah yang sudah disebutkan tadi, kalian bisa menikmati aplikasi Whatsapp browser. Berikut ini merupakan ulasan KlikPrint tentang cara install WhatsApp di laptop / PC :

1. Download Aplikasi WhatsApp di Laptop

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mendownload aplikasi Whatsapp. Kalian bisa mendownloadnya pada Microsoft Store ataupun melalui link https://www.whatsapp.com/download. Kalian harus mendownloadnya sesuai dengan komputer dekstop yang kalian gunakan. Untuk komputer Windows, harus menggunakan jumlah bit sebanyak 64 bit. Sedangkan untuk Mac, harus macOS 10.10 atau yang lebih baru.
  • Setelah kalian selesai mendownload aplikasi Whatsapp, maka kalian bisa membuka folder di mana tempat aplikasi tersebut sudah tersimpan. Klik dua kali pada aplikasi Whatsapp yang telah di download sebelumnya.
  • Selanjutnya kalian perlu menunggu beberapa saat hingga aplikasi selesai diinstall pada komputer dekstop kalian. Dan apabila sudah selesai terinstall, maka di dalam aplikasi Whatsapp itu akan muncul QR Code. QR Code ini berfungsi untuk kalian scan pada smartphone kalian.

Scan QR Code WhatsApp

QR Code atau Quick Response Code merupakan barcode yang mempunyai dua dimensi. Yang mana QR Code tersebut bisa menyimpan data. QR Code tersebut pun bisa digunakan aplikasi WhatsApp dekstop sebagai syarat untuk masuk ke akun WhatsApp kalian ke dalam aplikasi WhatsApp di dekstop.

Berikut ini adalah cara untuk Scan QR WhatsApp yang bisa kalian lakukan :

  • Pertama, kalian harus membuka aplikasi WhatsApp kalian yang terdapat di smartphone kalian. Setelah itu kalian akan mendapati titik tiga pada sudut kanan atas di dalam aplikasi tersebut. Klik titik tiga tersebut.
  • Selanjutnya akan muncul beberapa menu, dari beberapa menu itu aklian harus klik WhatsApp Web.
  • Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman Pindai kode. Maka dari itu, kalian harus menyiapkan komputer dekstop kalian yang sudah terinstall aplikasi Whatsapp dan sudah menampilkan QR Code yang akan di Scan.
  • Tidak perlu menunggu lama, maka aplikasi Whatsapp akan menampilkan kamera. Dan saatnya untuk kalian mengarahkan kamera tersebut ke QR Code yang sudah muncul di aplikasi Whatsapp pada komputer dekstop kalian.
  • Untuk mengecek device mana saja yang masuk ke akun Whatsapp kalian, kalian bisa mengeceknya pada halaman berikut. Perangkat komputer dekstop sudah masuk atau aktif pada akun Whatsapp kalian.

2. Menggunakan WhatsApp Web Tanpa Mendownload Aplikasi

Mungkin kalian tidak bisa menginstal aplikasi WhatsApp Web di laptop karena laptop tersebut bukan milik kalian pribadi atau laptop yang kalian gunakan memiliki versi windows yang tidak memadai untuk bisa mendownload aplikasi WhatsApp. Tapi kalian tidak perlu khawatir, kalian masih bisa mengakses serta menggunakan WhatsApp menggunakan laptopCaranya adalah sebagai berikut:

  • Buka browser melalui laptop kalian, lalu ketik web.whatsapp.com, lalu tekan ‘Enter’ pada keyboard. Kalian akan langsung masuk ke menu WhatsApp Web serta akan menemukan barcode yang siap untuk di-scan.
  • Selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp dari smartphone kalian. Klik ikon titik tiga pada ujung kanan atas, lalu pilih WhatsApp Web. Arahkan kamera belakang untuk mulai memindai qr code.
  • Setelah berhasil memindai qr code, WhatsApp Web akan terbuka dan akan menampilkan deretan chat seperti yang ada pada ponsel kalian.
  • Apabila kalian sudah selesai menggunakan WhatsApp Web, klik klik ikon titik tiga pada bagian atas daftar chat, lalu pilih “Log Out” untuk keluar dari akun WhatsApp kalian.

WhatsApp Web pada dasarnya mempunyai fitur yang sama seperti yang kalian lihat di hp. Bahkan, terasa lebih nyaman karena kalian bisa menggunakan shortcut keyboard untuk membalas chat, seperti copypaste apabila ada teks yang panjang harus kalian ketik serta kirimkan pada teman! Lebih mudah, bukan? Kalian bisa meng-install WhatsApp Web di laptop, atau membukanya melalui browser. Keduanya tergantung pada kebutuhan serta kondisi laptop yang kalian pakai.