Lupa Password ZTE F609

Mengatasi Lupa Password ZTE F609

Cara Mengatasi Lupa Password Pada Modem ZTE F609 – Semakin banyaknya pengguna Internet di Indonesia, pastinya sudah banyak juga yang mengenal tentang router ZTE F609. Hal ini karena Indihome menggunakan modem ZTE F609 untuk memperluas jaringan mereka.

Namun di samping penggunaannya yang sangat banyak, pasti akan ada permasalahan yang sering terjadi, salah satunya adalah lupa password ZTE F609. Ketika hal ini terjadi, pelanggan harus melaporkan hal tersebut ke petugas Indihome agar segera diatasi.

Akan tetapi karena pelanggan yang menggunakan layanan Indihome semakin banyak, maka setiap keluhan yang di terima pasti harus menunggu jadwal antrian dan petugas lapangan yang mengerjakannya.

Untuk kalian yang lupa Password ZTE F609 tetapi tidak ingin menunggu lama, maka kalian dapat reset modem ZTE F609 sendiri tanpa harus menunggu petugas Indihome. Caranya cukup dengan mengakses atau masuk ke menu control panel localhost.

Pada panel localhost, kalian dapat mengganti password yang lama dengan yang baru serta meningkatkan keamanan agar orang lain tidak mudah mengakses jaringan wifi. Berikut ini cara mengatasi Lupa Password ZTE F609.

Cara Mengatasi Lupa Password ZTE F609

Ada beberapa cara untuk mengatasi lupa password ZTE F609. Jika kalian ingin mengetahui password ZTE F609 tanpa melakukan reset modem maka kalian bisa menggunakan aplikasi yang bernama Nmap. Bagi yang ingin mereset password dengan cara mengatur ulang modem, bisa mengikuti cara reset ZTE F609 berikut ini.

Cara Reset Modem ZTE F609

Ketika melakukan reset, maka semua settingan akan dikembalikan seperti semula ketika baru pertama kali memakainya. Untuk melakukannya, kalian memerlukan username dan password bawaan dari modem ZTE F609.

Password ZTE

Biasanya user dan password ZTE F609 ini terletak pada bagian bawah modem. Sedangkan untuk prosesnya silahkan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama silahkan cari lubang reset yang ada pada bagian modem.
  2. Tekan dan tahan memakai dalam waktu 10 detik. ( Bisa menggunakan lidi )
  3. Perhatikan dan tunggu hingga seluruh lampu indikator mati
  4. Setelah seluruh lampu indikator mati, lepaskan lidi dari tombol reset
  5. Tunggu kurang lebih sekitar 3 menit sampai modem benar-benar telah melakukan reset
  6. Proses ini akan ditandai dengan lampu indikator yang menyala dan berkedip.
  7. Setelah modem ZTE F609 berhasil melakukan reset, maka seluruh settingan telah kembali seperti semula.
  8. Untuk terhubung pada wifi, kalian dapat menggunakan user dan pasword yang tertera pada bagian bawah modem atau pada stiker yang menempel pada modem.

Cara Ganti Password Modem ZTE F609

Setelah melakukan reset pastinya kalian juga ingin jaringan wifi kalian menjadi lebih aman dan passwordnya hanya kalian yang mengetahuinya. Mengganti password dapat dilakukan secara langsung menggunakan komputer atau smartphone. Berikut cara menggati password pada modem ZTE F609.

  1. Buka web browser menggunakan komputer atau Android
  2. Pada kolom URL, masukkan alamat 192.168.1.1, kemudian akan muncul halaman login
  3. Masukkan username dan password pada kolom yang tersedia lalu klik Login
  4. Untuk mengubah nama Wifi, pilih menu Network – SSID Settings
  5. Pada kolom SSID name, rubah nama wifi kalian, kemudian tekan SUBMIT
  6. Untuk mengganti password wifi, pilih menu Network – Security
  7. Pada kolom WPA Passphrase, isi password kalian, kemudian tekan SUBMIT
  8. Jika telah selesai, kalian bisa langsung tekan tombol Logout pada bagian pojok kanan

Cara Mengetahui Password ZTE F609 Dengan Telnet

Dengan alasan mengamankan jaringan wifi, terkadang kita mengganti password bawaan. Tapi tak jarang setelah mereka mengganti password, mereka malah lupa. Terdapat beberapa cara untuk mengetahui user dan password wifi yang lupa.

Banyak orang yang langsung melakukan reset modem daripada mencari tahu terlebih dahulu cara mengetahui password ZTE F609 tanpa reset. Seperti penjelasan sebelumnya, dengan mereset modem, maka semua pengaturan akan kembali seperti semula dan harus setting ulang modem tersebut.

Berikut ini cara mengetahui password wifi menggunakan telnet bawaan dari Windows 7. Namun sebelum menggunakannya kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Cara Mengaktifkan Telnet di Windows 7

Jika kalian belum pernah mengaktifkan fitur ini, kalian dapat melihat langkah berikut ini. Caranya cukup mudah, Anda tidak perlu menginstall lagi jika menggunakan Windows 7. Berbeda dengan Windows XP atau windows Vista, karena sistem operasinya tidak menyertakan fitur ini.

  1. Klik menu Start, buka Control Panel kemudian pilih menu Uninstall a program
  2. Setelah terbuka, pilih menu Turn Windows features on or off
  3. Geser kebawah, cari menu Telnet Client, beri tanda centang dan klik tombol OK

Cara Mengetahui Password Modem ZTE F609

Telnet ZTE

Untuk mengetahui password ZTE F609 tidak terlalu sulit, Anda hanya memerlukan aplikasi bawaan Windows yaitu Command Prompt, dan selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka Command Prompt ( CMD ) dengan cara tekan Windows + R kemudian ketikkan “cmd
  2. Setelah terbuka ketikkan perintah telnet 192.168.1.1
  3. Maka akan tampil halaman login, masukkan user: root dan password: Zte521
  4. Kemudian ketikkan perintah: sendcmd 1 DB p DevAuthInfo, dan tekan Enter

Jika Anda yang mengalamai masalah dengan tutorial diatas menggunakan telnet Windows 7, masih ada lagi cara untuk mengatasi lupa password ZTE F609 tanpa telnet atau reset. Yaitu dengan mendownload file password yang tersimpan di dalam settingan modem.

Caranya sebagai berikut.

  1. Buka web browser, pda URL ketikkan 192.168.1.1
  2. Masukkan username admin dan password admin pada kolom yang tersedia
  3. Setelah berhasil login, pilih menu Administration System Management USB Backup
  4. Selanjutnya klik Start Backup untuk mendownload file konfigurasi.

Setelah kamu memiliki file password ZTE F609 terbaru. Untuk melihat password yang terdapat di dalam file .cfg, Anda harus menggunakan software password viewer.

Baca Juga :